Affiliate Marketing

Posted by ih waow | 2:06 AM | | 0 Komentar »

Dear internet marketer....



Akhir-akhir ini semangat bisnis para onliner Indonesia terus memuncak, semangat mencari uang dari internet semakin meninggi bagi para pebisnis online Indonesia…

Tapi sayangnya, kebingungan mereka juga semakin memuncak. Bingung untuk memilih program bisnis apa yang sebaiknya diikuti bagi pemula.

Apakah Anda salah satunya?

Apa jawaban adhi untuk pertanyaan ini?

Jika Anda bertanya kepada adhi, adhi akan menyarankan untuk memulai beberapa bisnis yang mudah dulu, seperti PTC, PPC, PPP, paid review atau Affiliasi. Semuanya bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Tidak sulit dan hasilnya pun lumayan bagus.

Kali ini sebenarnya adhi ingin menjelaskan berbagai bisnis tersebut. Tetapi karena berbagai keterbatasan adhi hanya akan menjelaskan satu saja dulu, yaitu bisnis affiliasi.

Nah pertanyaannya adalah : apa sih sebenarnya affiliasi itu?

Ok, secara singkat bisa dikatakan bisnis affiliasi, tepatnya menjadi seorang affiliate adalah bisnis menjadi “agen” untuk menjual barang orang lain. Dari sini Anda akan mendapat komisi untuk setiapi penjualan yang terjadi, mulai dari 5% sampai 50% atau bahkan lebih (tergantung kemurahan hati pemilik bisnis).

Kalau digambarkan, mungkin seperti ini :





Penjelasan :


  • Brand / seller = pemilik barang
  • Affiliate = saya, Anda, orang-orang yang mempromosikan barang
  • Customer = pembeli
  • Panah merah = pembeli melihat iklan kita
  • Panah biru = kita mereferensikan pembeli kepada pemilik barang
  • Panah hijau = komisi dari pemilik barang, karena kita mengajak seseorang atau sekelompok orang membeli produk mereka

Ini adalah salah satu bisnis yang sangat mudah dijalankan, sebab Anda hanya diminta mengarahkan para pengguna internet untuk datang ke suatu situs tertentu. Lalu situs itu akan mendeteksi bahwa pengunjung itu datang karena diajak oleh Anda. Nah, jika pengunjung itu membeli, Anda akan mendapat komisi. Sederhana kan?

Tapi walau sederhana, jangan Anda anggap remeh lho ya. Bisnis affiliasi ini bernilai lebih dari US$ 6,000,000,000 per tahunnya. Bayangkan berapa mangkuk bakso yang bisa Anda beli dengan uang sebanyak itu, hehe.. :)

Melanjutkan tentang bisnis affiliasi,

Dalam bisnis ini, pihak yang terlibat bisa kita bagi menjadi dua pihak, yaitu pihak pemilik barang (merchant) dan pihak penjual barang (affiliate). Pihak yang menjadi affiliate bisa siapa saja, asal mau menjual. Sedang pihak pemilik barang, juga biasa siapa saja. Mulai dari perorangan, sampai perusahaan.

Perusahaan? Ya betul, perusahaan. Tahukah Anda bahwa pelaku bisnis affiliasi bukan hanya perorangan? Tahukan Anda bahwa berbagai perusahaan besar di dunia pun menjalankan sistem affiliasi?

Beberapa di perusahaan-perusahaan yang memakai sistem Affiliasi untuk memasarkan produknya antara lain :

  • DELL (raksasa pembuat komputer terbesar ke-3 di dunia)
  • SONY (raksasa elektronik dari Jepang)
  • New York Times (raksasa surat kabar di USA)
  • Amazon (penjual buku dan elektronik terbesar di dunia)
  • Verizon Wireless (raksasa penyedia jasa koneksi internet)
  • dan ribuan perusahaan lainnya

Anda pun bisa menerapkan sistem ini untuk perusahaan Anda, jika ada. Tapi
adhi yakin mayoritas kita lebih cocok menjadi affiliatenya saja dulu. Lebih mudah, tanpa modal besar, tidak perlu menyediakan produk, dan sebagainya.

Sederhana bukan konsepnya? Dan tentunya selain sederhana juga menguntungkan semua pihak. Para pemilik barang mendapat bantuan dalam menjual barang, para pembeli mendapat produk yang bermutu dan diperlukan, dan kita mendapat komisi affiliasi. Benar-benar asyik.

Tapi yang jadi masalah, apakah dengan mengikuti / membuat sistem affiliasi ini kita bisa menjadi kaya? Atau hanya pemilik sistem bisnis saja yang menjadi kaya?

Jawabannya :: SANGAT BISA!

Kalau ada orang yang mengatakan tidak bisa, dan mengatakan hanya pemilik barang / jasa saja yang bisa menjadi kaya, maka dia salah besar! Entah dia itu tidak tahu, atau pernah gagal karena tidak mengikuti cara yang benar, atau mungkin dia iri, atau mungkin ingin supaya tidak banyak saingan sesama affiliate marketer.

Faktanya :

  • Ewen Chia dari Singapura bisa mendapat US$ 1.000.000 hanya dalam 5 bulan dari bisnis affiliate marketing -- bahkan Ewen disebut sebagai "World's No.1 Super Affiliate"
  • Begitu juga Fabian Lim sama juga dari Singapura, juga menembus US$ 1.000.000 dalam 5 bulan.
  • Anik Singal dari India menembus US$ 60,000 hanya dalam 60 hari
  • Amit Mehta dari India menembus US$ 2,000,000 dalam satu tahun
  • Rosalind Gardner menembus US$ 500,000 dalam satu tahundan sebagainya...
Oh iya, ada juga Jeremy Palmer yang tidak kalah “gila”nya dengan Rosalind. Dia bisa mendapatkan US$ 1,000,000 dalam satu tahun hanya dari bisnis affiliate marketing ini.

Sekali lagi : semua dari bisnis affiliasi. Semuanya bukan dengan membuat produk sendiri, tapi dengan menjual produk / jasa orang lain! Mereka hanya mengajak orang turut serta, dan selesailah sudah.

Kesimpulannya :

Ini adalah __bisnis nyata___ yang mudah dilakukan, dan juga menguntungkan semua pihak, dan tentunya terbukti bisa menghasilkan tambahan uang untuk Anda.

Jadi jangan sampai ketinggalan kereta, cobalah mengikuti bisnis-bisnis affiliasi sekarang juga. Kapan Anda memulai? =)

0 Komentar