Beberapa saat yang lalu, kita sempat dihebohkan dengan kasus plagiat salah satu band di Indonesia yang lagunya ketahuan mirip dengan band dari luar negeri [emang band apa ?] haduh, masa' belom tau sih ? kemana ja loe ? hahaha. . . tapi ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa itu bukanlah suatu plagiat karena menurut mereka band itu hanya mencari inspirasi aja. Tapi terserah kalian mau berpendapat apa, mau plagiat kek mau nggak kek, dengerin contohnya dulu aja di youtube kalo masih penasaran.
Dan baru baru ini muncul lagi kasus band yang dituduh plagiat dengan mencontek lagu band lain. yah..udah pada tau sendiri kan ???? itu tu , band yang lagunya bagus [nah lo ? mau plagiat gue gak peduli, yang penting enak di telinga...hahaha..dasar anak kos dudul ! ] . Tapi terlepas dari semua kasus plagiat di atas, dunia musik kita ikut 'agak' tercemar namanya.
Dan ternyata, budaya plagiat tidak hanya merembah ke dunia musik aja, dunia blog pun sekarang ini sangat ramai dengan banyaknya kehadiran blogger plagiator / copaster / apalah namanya. Yang jelas blogger-blogger ini ngeblog dengan hanya bermodal Ctrl+C lalu Ctrl-V . Mereka tiap hari duduk manis di depan komputer , tanya ke eyang Google, trus kalo nemu artikel yang menarik dan cocok dengan konten blognya langsung deh, comot. Pernah dulu adhi nyari bahan buat tugas kuliah, eh gak taunya nemu artikel yang persis sampai berulang kali. Cuma beda halaman doank..huft .
Banyak orang yang pengen sukses tanpa banyak usaha, mereka ingin blog mereka cepet penuh isinya dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya [kaya' proklamasi aja..hehe..]. Sehingga budaya copae[copy-paste] menjadi jalan pintas untuk mewujudkan keinginan mereka. Lalu, bagaimana sih pola pikir mereka ? apakah mereka tidak ada rasa menghargai karya orang lain yang susah-susah mencari inspirasi untuk sekedar ngepost 1 artikel di blog, trus tiba-tiba artikel yang mereka buat dengan susah payah diBAJAK gitu aja ? pernah gak sih merasa itu ?
Jujur, adhi punya temen yang punya blog bagus, udah dapet PR, trafficnya juga jauh lebih tinggi dari punya adhi. Tiap hari kerjaanya cuma ngejek blog jelek ini dan membanga-banggakan blognya, padahal isinya ? artikel copy paste cuy....Ayolah, tinggalkan budaya seperti itu, mari kita buat dunia per-blogger-an di Indonesia ini jadi sehat, ada rasa saling menghargai antar sesama blogger, sehingga kita enak bisa sama-sama sharing. Semua orang pasti punya kelebihan, so tuliskan aja kelebihan kamu di blogmu, gak usah ngopy artikel orang lain tanpa ijin, tau kan kalo mengambil tanpa ijin itu sama aja nyolong a.k.a maling ? maling tuh dosa kan ? [hadeh . . .sok alim..haha . .] Nah , makanya, let's be an original blogger, jadilah blogger yang original dengan menuangkan ide-ide atau tulisan-tulisan asli yang murni dari pemikiran sendiri..

So...happy blogging .selamat belajar blog dan seo !


*maaf kalo ada pihak yang tersinggung :)

2 Komentar

  1. Anonymous // October 19, 2009 at 7:38 PM  

    plagiat ya?
    emang sudah menjadi budaya paten bangsa indonesia,xixixixi..

  2. adhi // October 20, 2009 at 4:11 PM  

    @mas cah donorejo : kenapa ya budaya ky gni gak diambil aja ma malingsia ? haha. .sepertinya iya mas . hampir dlm tiap lapisan msyrkt plagiat udh mengakar,ky KKN

    O iya, salam kenal mas . makasih atas kunjungannya :)